Kamis, 07 Januari 2010

Hari-Hari Menempuh Ujian Nasional

Tak disangka, saat itu aku sudah berada di bangku kelas 3 SMP. Kali ini kami harus menyelesaikan tahun pelajaran kami dalam waktu 8 bulan. Dan memang itu bukanlah waktu yang singkat. Melihat begitu banyaknya bahan ujian yang banyak dan harus ditempuh mau ataupun tidak. Proses belajar pun jadi lebih menantang, serta terasa begitu singkat.
Dan hingga akhirnya, waktu ujian semakin dekat. Kami menempuh berbagai tryout yang diberikan agar terlatih untuk mengerjakan soal dan berpikir dengan cepat. Banyak diantara nilai hasil tryoutku dan teman-temanku yang jatuh dibawah nilai standard yang sudah ditentukan. Kami sempat kecewa atas hal tersebut. Walaupun kami tahu soal Ujian Nasional nanti akan lebih mudah daripada soal-soal yang diberikan pada waktu tryout.
Dan sebelum melewati ujian tersebut, kami harus melewati ujian praktek terlebih dahulu. Sangat mnyenangkan sekali bisa mengikuti ujian praktek bersama teman-temanku. Ujian praktek tersebut terasa seperti bermain bersama. Kami bisa bercanda dan tertawa sampai lupa waktu. Dan yang pasti, kami bisa meraih nilai yang bagus dari hasil kerja kelompok dan latihan kami yang hingga kami kerjakan sampai sore.
Dan di hari Ujian Nasional pun, hati kami selalu berdebar-debar baik sebelum maupun sesudah memasuki ruangan ujian tersebut. Banyak diantara temanku yang berhasil masuk SMA Negri dengan jalur prestasi. Hari-hari menegangkan telah kami lalui, kami menjalani hari-hari sesudahnya dengan jam pelajaran yang selalu kosong. Dan akhirnya kami harus menunggu berita pengumuman di rumah masing-masing. Bagi rumah murid yang mendapat kunjungan dari tamu yang membawa sepucuk surat. Maka berhati-hatilah kalau surat itu berisi keterangan ketidak lulusan. Dan kami benar-benar tidak menyangka bahwa kami berhasil menempuh ujian tersebut dan berhasil Lulus 100% dari siswa-siswi SMP Negeri 2 Sidoarjo. Dan yang pasti banyak sekali kenangan-kenangan indah bersama semua sahabat-sahabatku disana.*

0 komentar:

Posting Komentar